Penyebab Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Sering terkena paparan polusi bukan satu-satunya penyebab penyakit paru obstruktif kronis atau PPOK, lho. Masih ada faktor lainnya yang juga ikut meningkatkan risiko Anda.

PPOK atau penyakit paru obstruktif kronis ini termasuk ke dalam penyakit yang dapat mengancam nyama. Pada tahun 2012 saja, ada lebih dari 3 juta orang yang meninggal karena penyakit ini.

Penyebab Penyakit Paru Obstruktif Kronis

Penanganan harus segera diberikan sebelum penyakit paru obstruktif kronis memicu kondisi yang lebih parah, termasuk kerusakan paru serius, kegagalan fungsi napas, sampai dengan gagal jantung.

Setidaknya, dengan Anda tahu penyebab dan juga faktor risikonya, Anda bisa melakukan pencegahan di awal.

Nah, di bawah ini telah kami rangkum beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena PPOK dari berbagai sumber kesehatan terpercaya. Apa saja? Berikut ulasannya.

Penyebab Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)

Seseorang yang sering terkena paparan polusi udara, termasuk asap kebakaran hutan memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit paru obstruktif kronis.

Nah, selain polusi udara akibat asap pabrik, asap kebakaran, maupun asap dari kendaraan, masih ada faktor lain yang juga menjadi bagia dari penyebab PPOK. Beberapa diantaranya meliputi:

  • Rokok

Menurut asosiasi paru di Amerika, merokok menjadi faktor utama yang meningkatkan risiko seseorang untuk terkena PPOK. Dikatakan bahwa perokok memiliki kemungkinan 13 kali lebih besar untuk menderita penyakit paru dari mereka yang tidak merokok.

Hal ini juga berlaku untuk perokok pasif yang sering terkena paparan asap rokok orang lain. Perlu Anda tahu, asap rokok yang terhirup perokok pasif mengandung tembakau yang terbakar dan asap yang dihembuskan perokok. Dua kali lipat lebih buruk, lho, efeknya.

  • Faktor lingkungan

Lingkungan Anda juga sedikit banyak ikut mempengaruhi risiko untuk terkena PPOK. Terpapar debu, asap, maupun bahan kimia (yang sering terkait dengan pekerjaan) dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan penyakit paru obstruktif kronis.

  • Penyakit paru lainnya

Memiliki penyakit tertentu, termasuk penyakit paru lainnya, seperti empisema dan bronkitis kronis juga dapat menyebabkan PPOK.

  • Faktor genetik

Kelainan genetik yang menyebabkan rendahnya kadar protein Alpha-1-antitrypsin (AAt) yang berfungsi untuk membantu melindungi paru-paru juga menjadi salah satu penyebab penyakit paru obstruktif kronis.

Faktor lainnya yang juga dapat meningkatkan risiko Anda untuk terkena PPOK juga meliputi:

  • Usia. Risiko semakin meningkat pada seseorang dengan usia 40 tahun ke atas
  • Orang dengan asma yang merokok
  • Pentilasi udara yang buruk. Sehingga, meningkatkan risiko Anda terpapar asap dari pembakaran bahan bakar untuk memasak

Jika Anda kebetulan seorang perokok, sebaiknya mulai sekarang Anda mulai menguranginya sampai benar-benar bisa berhenti sepenuhnya. Mengunyah permen karet menjadi salah satu cara mudah berhenti merokok.

Anda juga bisa menekan risiko penyakit paru obstruktif kronis ini dengan menjalani gaya hidup sehat, misalnya tetap berolahraga dan menjaga asupan makanan yang akan Anda konsumsi. Anda sangat disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Baca Juga : 

Penyebab Penyakit Paru Obstruktif Kronis

 

Referensi:
American Lung Association – Lung Health and Diseases
Mayo Clinic – Diseases Conditions / COPD

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*