10 Daftar Makanan Untuk Penderita Radang Paru Paru (Pantangan dan Anjurannya)

Selain pengobatan, agar penyakit radang paru paru yang Anda derita bisa segera sembuh, perhatikan juga asupan makanannya. Pasalnya, ada beberapa jenis anjuran dan pantangan makanan untuk penderita radang paru paru yang sebaiknya Anda ketahui.

Seperti tahu penyebab radang paru paru dan gejalanya, tahu makanan apa saja yang baik dan tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita radang paru paru dapat meningkatkan presentasi kesembuhan.

Makanan Untuk Penderita Radang Paru Paru

Tauge dan kangkung misalnya, dapat mengurangi efektifitas dari beberapa jenis obat yang dikonsumsi. Sehingga, hasil yang Anda dapatkan tidak maksimal. Oleh karena itu, untuk membantu mengoptimalkan pengobatan radang paru paru yang sedang dijalani, perhatikan juga asupan makanannya, ya!

Nah, kali ini kami akan memberikan informasi mengenai makanan untuk penderita radang paru paru yang melingkupi anjuran dan juga pantangannya. Semoga bisa bermanfaat, ya 🙂

10 Daftar Makanan Untuk Penderita Radang Paru Paru (Pantangan dan Anjurannya)

Selain tauge dan kangkung, masih ada beberapa makanan yang memang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh Anda penderita radang paru paru. Hal ini karena, apabila mengonsumsi makanan tersebut dikhawatirkan gejala yang sudah ada malah bertambah parah.

Ada cukup banyak sekali jenis makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita radang paru paru agar bisa segera sembuh. Di bawah ini adalah beberapa diantaranya yang sudah berhasil kami rangkum dari berbagai sumber kesehatan terpercaya.

Pantangan Makanan Untuk Penderita Radang Paru Paru

1. Terasi Merah

Salah satu bahan baku untuk membuat sambal ini termasuk makanan yang harus dijauhi oleh penderita radang paru paru. Kenapa? Karena, di dalam terasi merah ini terdapat kandungan rhodamin B. Yakni, salah satu jenis zat yang justru dapat menyebabkan serta memperparah iritasi yang terjadi pada sistem pernapasan.

Mengonsumsi terasi merah dalam waktu yang lama tidak hanya bisa memicu peradangan pada paru paru Anda, tapi juga dapat memperburuk radang paru paru yang sudah ada.

Karena itulah, terasi merah termasuk jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh Anda penderita radang paru paru.

2 Ikan Asin

Anda penderita radang paru paru juga sebaiknya menghindari mengonsumsi ikan asin. Pasalnya, di dalam ikan asin ini tidak hanya terdapat zat nitrosamin, tapi juga zat-zat lain yang juga mampu membentuk virus Epstein-Barr serta mengembangkannya.

Zat-zat tersebut tidak bagus untuk sistem pernapasan Anda, terutama paru-paru. Selain memicu peradangan, mengonsumsi ikan asin hanya akan membuat kondisi radang paru paru yang Anda derita semakin memburuk.

3. Kafein

Pantangan untuk penderita radang paru paru selanjutnya adalah kafein, baik yang terkandung dalam minuman seperti kopi, maupun dalam makanan seperti cokelat dan lainnya.

Kafein ini diketahui sebagai salah satu stimulan untuk gangguan pada paru-paru, terutama TBC (tuberkulosis). Maka dari itu, daripada kondisi radang paru paru Anda bertambah parah, sebaiknya hindari untuk mengonsumsi kafein dalam bentuk apapun.

4. Alkohol dan minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi, seperti soda dan minuman berenergi merupakan minuman yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita radang paru paru. Pun dengan alkohol, baik yang terkandung dalam minuman maupun makanan, seperti tape agar penyakit radang paru paru Anda bisa segera sembuh.

5. Acar dan makanan tinggi garam

Makanan yang mengandung garam tinggi tidak hanya memicu naiknya tekanan darah, lho. Tapi, juga dapat memperburuk beberapa jenis penyakit yang menyerang paru-paru, termasuk peradangan pada paru-paru.

Begitu juga dengan acar yang menambahkan banyak natrium dalam proses pembuatannya harus dihindari oleh penderita radang paru paru. Karena, jenis makanan ini dapat memperburuk sesak napas yang dialami oleh penderita radang paru paru.

6. Makanan pantangan radang paru paru lainnya meliputi:

  • Makanan manis, seperti roti putih, puding, aneka kue, gula putih, donat, dan makanan manis lainnya
  • Daging kambing
  • Makanan yang membuat alergi Anda kambuh (makanan pemicu alergi)

Anjuran Makanan Untuk Penderita Radang Paru Paru

Makanan Untuk Penderita Radang Paru Paru

Selain pantangannya, berikut juga kami sertakan makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita radang paru paru. Makanan tersebut meliputi:

  • Sayuran : Wortel, kubis, tomat, bayam, brokoli, asparagus, dan sayuran berdaun hijau gelap lainnya
  • Buah-buahan : Jambu biji, jeruk, stroberi, kiwi, dan buah lainnya yang mengandung vitamin C tinggi
  • Ubi jalar
  • Cabe rawit
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Ikan, terutama salmon dan tuna
  • Bawang putih

Di samping menjaga asupan makanan dan rutin mengonsumsi obat radang paru paru, supaya lekas sembuh Anda juga disarankan untuk mengonsumsi air putih, tetap berolahraga, istirahat dengan cukup, serta menghindari melakukan kebiasaan yang dapat menyebabkan radang paru paru, salah satunya adalah sering keluar malam tanpa menggunakan jaket atau sering menggunakan AC maupun kipas angin dalam jarak dekat.

Mungkin Anda butuh ini : Obat Radang Paru Paru Alami

Itulah informasi mengenai makanan untuk penderita radang paru paru termasuk pantangan dan anjurannya. Terima kasih sudah menyimak. Jika di rasa informasi ini penting untuk diketahui orang lain, ayo! Bantu share 🙂

SALAM SEHAT dan SEMOGA LEKAS SEMBUH untuk Anda penderita radang paru paru

Daftar Makanan Untuk Penderita Radang Paru Paru

1 Trackback / Pingback

  1. Komplikasi Radang Paru Paru yang Harus Diwaspadai Jika Tidak Segera Diobati

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*