Komplikasi Radang Paru Paru yang Harus Diwaspadai

Tahukah Anda, bahwa risiko terjadinya komplikasi radang paru paru dapat meningkat pada pasien lansia dan balita?

Kondisi ini di pengaruhi oleh banyak faktor, yang mana salah satunya karena sistem kekebalan tubuh mereka yang lemah. Sehingga mudah untuk bakteri yang menginfeksi paru paru untuk berkembang.

Lagi-lagi, komplikasi radang paru paru ini tidak bisa anggap sepele. Karena, pada akhirnya bisa membawa kondisi yang lebih parah dan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh Anda secara mendasar.

Komplikasi Radang Paru Paru
copyright : medicinanuclearjuazeiro.com.br

Kendati demikian, Anda masih bisa mencegahnya dengan beberapa cara di bawah ini. Yakni dengan:

1. Melakukan medical check-up secara rutin, apalagi jika memang Anda memiliki risiko lebih tinggi dari orang lain untuk menderita penyakit ini, misalnya sering terpapar zat kimia, atau lahir prematur untuk balita.

2. Segera mengunjungi dokter, rumah sakit, atau pusat kesehatan lainnya untuk melakukan pemeriksaan ketika mendapati gejala radang paru paru untuk pertama kalinya, seperti batuk kering maupun berdahak yang berkepanjangan, atau warna dahak yang berbeda (lebih kuning, hijau, bahkan merah yang menandakan dahak mengandung darah).

3. Segera melakukan pengobatan radang paru paru guna menghindari komplikasi dan kondisi yang lebih parah dari penyakit radang paru paru yang Anda, anak atau orang tua Anda derita.

4. Menjaga asupan makanan untuk penderita radang paru paru dengan memperbanyak asupan buah dan sayur, terutama yang organik.

Komplikasi Radang Paru Paru

Ada lebih dari 2 kondisi yang menjadi bagian dari komplikasi radang paru paru, dan kesemuanya cukup berbahaya apabila tidak segera mendapatkan penanganan, terlebih pada balita dan lansia.

Nah, beberapa komplikasi yang dapat terjadi akibat penyakit radang paru paru ini berupa:

  • Empiema

Kondisi ketika ruangan pleura terisi oleh nanah yang berkumpul di sana. Nanah tersebut umumnya terbentuk dari cairan pleura yang semakin mengental karena adanya infeksi.

  • Bronkiolitis Obliterans (BO)

Komplikasi radang paru paru selanjutnya adalah bronkiolitis obliterans. Yakni, salah satu masalah serius pada paru paru yang dapat menyebabkan terbentuknya jaringan parut di paru-paru sampai dengan menyebabkan kerusakan permanen pada paru-paru penderitanya.

  • Abses Paru

Peradangan yang terjadi pada paru-paru, kemudian tidak segera ditangani dengan benar, maka berisiko menyebabkan terbentuknya abses atau nanah di paru paru tersebut. Gangguan pernapasan sebelumnya bisa menjadi semakin parah saat abses mulai terbentuk.

  • Efusi Pleura

Yang menjadi bagian dari komplikasi radang paru paru lainnya adalah efusi pleura. Yakni, suatu kondisi di mana terdapat penumpukan di antara dua lapisan pleura.

Pleura sendiri merupakan membran yang memisahkan antara paru-paru dengan dinding dada bagian dalam.

  • Sepsis

Kondisi berbahaya yang bisa berujung kematian. Di mana, infeksi yang umumnya disebabkan oleh bakteri atau mikroorganisme lainnya sudah masuk ke dalam darah.

Sepsis ini berisiko menyebabkan organ lainnya juga mengalami infeksi sampai dengan menyebabkan kegagalan pada organ tersebut, termasuk otak.

Bagaimana? Menyeramkan, bukan, kalau sampai terjadi komplikasi radang paru paru? Maka dari itu, ada baiknya Anda lebih peka dengan perubahan pada tubuh Anda, termasuk batuk atau rasa mual dan muntah. Jika memang terasa tidak wajar, segera lakukan pemeriksaan.

Apakah Komplikasi Radang Paru Paru Bisa Di Cegah?

Dengan penanganan yang tepat dan cepat, komplikasi penyakit radang paru paru bisa di cegah, kok. Makanya, jangan takut untuk mendatangi fasilitas kesehatan apabila tubuh Anda merasakan salah satu atau beberapa gejala radang paru paru yang bisa berupa:

  1. Batuk-batuk, baik batuk kering maupun batuk berdahak
  2. Tekstur dahak yang lebih kental dengan warna yang lebih kuning, hijau, atau mungkin merah karena bercampur darah
  3. Mual-mual dan muntah
  4. Badan lemas
  5. Tidak nafsu makan
  6. dan gejala radang paru paru lainnya, termasuk sesak napas.

Ketika Anda khawatir dengan efek samping yang bisa ditimbulkan dari obat kimia, Anda bisa menggunakan ramuan herbal sebagai solusi alternatifnya.

Untuk mengobati radang paru paru secara alami sampai sembuh total tanpa efek samping, baik dan aman untuk dikonsumsi anak-anak balita maupun lansia, termasuk bayi, wanita hamil dan menyusui, Anda bisa menggunakan ekstrak gamat emas kapsul ( WG-EK ).

Khasiat lengkapnya silakan kunjungi : Obat Radang Paru Paru

Demikianlah informasi di atas kami sampaikan. Terima kasih banyak sudah menyimak. Semoga, apa yang kami sampaikan tidak hanya menambah wawasan kita, tapi juga bisa bermanfaat untuk membantu Anda terhindar dari kondisi komplikasi di atas.

Salam Sehat dan Semoga Anda Lekas Sembuh 🙂

Komplikasi Radang Paru Paru

1 Trackback / Pingback

  1. Kenapa Radang Paru Paru Banyak Terjadi Pada Anak Anak

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*