Kenapa Radang Paru Paru Banyak Terjadi Pada Anak Anak

Anak-anak, khususnya bayi dan balita merupakan golongan usia yang paling rentan terkena radang paru-paru. Kenapa radang paru paru banyak terjadi pada anak anak ? Inilah yang akan kami bahas kali ini.

Radang paru paru sendiri bukan penyakit sembarangan. Karena, apabila telat ditangani, bisa berdampak buruk bagi penderitanya. Ada sejumlah komplikasi radang paru paru yang bisa terjadi, dua diantaranya adalah empiema dan efusi pleura.

Kenapa Radang Paru Paru Banyak Terjadi Pada Anak Anak
Foto : Google Image

Kondisi ini bisa lebih berbahaya apabila terjadi pada anak-anak bayi dan balita mengingat pertahanan tubuh mereka yang tidak sekuat orang dewasa.

Banyaknya kasus radang paru paru yang terjadi pada bayi dan balita membuat sebagian besar orang tua bertanya-tanya mengenai:

Kenapa radang paru paru banyak terjadi pada anak anak bayi dan balita ketimbang orang dewasa ?

Ada banyak faktor atau kondisi yang membuat anak-anak bayi dan balita lebih rentan untuk terkena penyakit radang paru paru di bandingkan dengan orang dewasa.

Sistem kekebalan tubuh sebagai salah satu perisai atau bentuk perlawanan terhadap serangan berbagai penyakit yang lemah adalah salah satunya, dan mungkin bisa disebutkan sebagai salah satu faktor utama.

Kemampuan imune atau kekebalan tubuh pada anak anak bayi dan balita yang belum terbentuk sempurna membuat bakteri, virus, maupun mikroorganisme lain yang menjadi penyebab radang paru paru mudah masuk dan menginfeksi.

Sehingga, terjadilah radang paru paru yang dapat mengganggu sistem pernapasan penderitanya. Dan apabila tidak segera ditangani bisa memicu kondisi yang lebih serius dari sekedar sesak napas.

Maka dari itu, Anda sebaiknya tidak mendakatkan anak-anak Anda yang masih bayi atau balita dengan orang yang positif menderita penyakit radang paru paru, batuk pilek, atau penyakit lainnya yang berpotensi menular.

Informasi tambahan, radang paru paru pada anak-anak juga bisa berawal dari infeksi ringan seperti flu atau influenza yang berhasil merambat ke paru paru karena kurang kuatnya perlawanan sistem imun tubuh.

Alasan lain kenapa radang paru paru lebih banyak terjadi pada anak anak bayi dan balita

Kenapa Radang Paru Paru Banyak Terjadi Pada Anak Anak
Foto : crecerfeliz.es

Selain dari faktor kekebalan tubuh yang masih lemah atau belum terbentuk sempurna, masih ada kondisi lain yang juga membuat anak-anak bayi dan balita rentan mengalami penyakit radang paru paru.

Beberapa kondisi yang ternyata dapat mempengaruhi atau meningkatkan risiko anak anak untuk terkena radang paru paru meliputi:

  1. Bayi yang tidak minum ASI alias air susu ibu
  2. Bayi yang lahir prematur
  3. Tidak mendapatkan imunisasi
  4. Anak anak dengan kondisi tertentu, misalnya kurang gizi, menderita penyakit campak, atau terlahir dengan HIV.

Selain itu, orang tua yang merokok serta tinggal di kawasan atau pemukiman padat penduduk, apalagi yang kebersihannya tidak terawat juga dapat meningkatkan risiko anak-anak untuk terkena penyakit radang paru paru.

Nah, sekarang Anda sudah tahu, kan, kenapa radang paru paru banyak terjadi pada anak anak bayi dan balita ?

Maka dari itu, sebagai orang tua, kita wajib memberikan proteksi yang terbaik untuk anak kita, mulai dari asupan makanan, tempat tinggal yang sehat dan bersih, serta lingkungan yang juga mendukung kesehatan dan tumbuh kembang anak-anak kita.

Bagi Anda orang tua dengan anak yang menderita penyakit radang paru paru dan ingin mengobatinya secara alami, Anda bisa menggunakan produk herbal dari teripang emas dalam kemasan G-Sea jelly gamat original. Khasiat lengkapnya bisa di baca di : Obat Radang Paru Paru Untuk Bayi dan Balita.

Demikianlah informasi di atas kami sampaikan. Semoga, dengan Anda tahu kondisi yang membuat anak-anak bayi dan balita rentan terkena penyakit radang paru paru di atas membuat Anda semakin care dengan kesehatan anak-anak Anda.

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk menyimak artikel “Kenapa Radang Paru Paru Banyak Terjadi Pada Anak Anak“. Semoga bermanfaat 🙂

SALAM SEHAT

1 Trackback / Pingback

  1. Kebiasaan yang Bisa Memicu Kerusakan Paru Paru dan Fungsinya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*